2 Cara Berhenti Asuransi Jiwa Zurich: Dari Rumah dan Ke Kantor Cabang

Cara Berhenti Asuransi Jiwa Zurich– Apakah saat ini Anda merasa sudah tidak nyaman dengan Asuransi Jiwa Zurich yang Anda gunakan? Atau saat ini Anda sudah tidak bisa lagi memenuhi biaya premi bulanan? Jika Anda memutuskan untuk membatalkan polis, Anda perlu untuk mengetahui cara berhenti Asuransi Jiwa Zurich.

Berhenti dari asuransi jiwa tentunya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, terutama dari asuransi jiwa dunia sekelas Zurich. Pastinya ada syarat, ketentuan, dan cara yang perlu Anda tempuh untuk berhenti dari Asuransi Zurich Topas Life.

Berikut hal-hal yang perlu Anda siapkan dan perlu Anda lakukan untuk melakukan pembatalan polis Asuransi Jiwa Zurich:

Alasan Berhenti Asuransi Jiwa Zurich

Ada beberapa alasan yang umumnya menjadi penyebab berhentinya seseorang menggunakan jasa Asuransi Jiwa Zurich atau jasa asuransi jiwa lainnya, antara lain:

  • Manfaat yang didapatkan kurang, sehingga mengakibatkan pemilik polis atau tertanggung ingin mengubah produk atau polis asuransi yang digunakan. Bahkan tertanggung bisa saja tertarik untuk menggunakan produk perusahaan asuransi lainnya.
  • Melihat bahwa produk asuransi lain lebih menjanjikan. Ketika produk dari perusahaan asuransi lain terlihat lebih menarik pastinya membuat Anda berfikir untuk pindah ke jasa asuransi jiwa lain tersebut.
  • Hasil investasi dari polis yang dipilih tidak memuaskan. Seperti yang diketahui bahwa Zurich Topas Life memiliki produk unggulan yaitu asuransi jiwa unit link. Jika tertanggung tidak puas dengan manfaat investasi dari unit link Zurich Life, bisa jadi mereka akan membatalkan polis.
  • Keluarga tidak setuju dengan pembelian polis. Hal ini bisa jadi diakibatkan oleh komunikasi yang kurang baik ketika memutuskan untuk membeli polis.
  • Sudah tidak membutuhkan manfaat dari asuransi lagi, sehingga melihat bahwa pengeluaran untuk membayar premi asuransi adalah hal yang tidak perlu.
  • Keterbatasan biaya, sehingga membuat tertanggung tidak lagi mampu untuk membayar premi. Jika demikian mau tidak mau pemegang polis berhenti dari Asuransi Jiwa Zurich Topas yang diikutinya.

Syarat Berhenti Asuransi Jiwa Zurich

Untuk dapat berhenti dari Asuransi Jiwa Zurich, pemilik polis atau tertanggung terlebih dahulu mempersiapkan alasan melakukan pembatalan polis. Setelah itu, pemilik polis mempersiapkan hal-hal berikut ini:

  • Mengunduh dan mengisi formulir pembatalan polis. Isi formulir ini secara lengkap dan benar. Formulir dapat diunduh di laman resmi Zurich Indonesia, di www.zurich.co.id
  • Melakukan fotokopi identitas diri dari pemegang polis yang masih berlaku. Jenis kartu identitas yang dapat digunakan yaitu KTP, SIM, Paspor, dan KITAS. Kartu identitas yang difotokopi adalah yang digunakan nomornya di dalam formulir pembatalan polis.
  • Melakukan fotokopi halaman depan buku tabungan, halaman yang berisikan nomor rekening dan nama lengkap nasabah.
  • Menyiapkan buku polis yang asli
  • Jika buku polis yang asli hilang, maka perlu untuk melakukan pengurusan ke kepolisian untuk mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan.

Ketentuan Berhenti Asuransi Jiwa Zurich

Menurut Formulir Pembatalan Polis Zurich Topas Life, pemegang polis perlu untuk memahami dan melaksanakan ketentuan berikut:

  • Saat masa pemahaman polis, pengajuan pembatalan polis hanya dapat diajukan ketika status polis aktif. Sedangkan setelah masa pemahaman selesai, pengajuan pembatalan polis dapat diajukan ketika status polis aktif maupun ketika sudah tidak aktif lagi.
  • Batas waktu penerimaan formulir pembatalan polis di kantor resmi Zurich Topas Life adalah pukul 14.00 setiap hari kerja. Dokumen yang telah diisi secara lengkap dan benar akan langsung diproses pada hari itu juga.
  • Apabila dokumen yang telah diisi masih memiliki data yang kurang lengkap dan tidak benar, maka akan diproses pada hari selanjutnya ketika dokumen sudah diisi secara lengkap dan benar.
  • Setiap dokumen yang telah diterima dan disetujui oleh pihak Zurich Topas Life selaku penanggung tidak dapat ditarik ulang dan bersifat final.
  • Biaya pembatalan polis sesuai dengan ketentuan umum polis dari setiap produk asuransi Zurich Topas Life.

Cara Berhenti Asuransi Jiwa Zurich

Ada 2 cara berhenti Asuransi Jiwa Zurich yang dapat tertanggung tempuh, yaitu secara online, secara langsung ke kantor, dan secara tidak langsung melalui marketing. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari kondisi dan preferensi Anda.

Namun sebelum melakukan salah satunya, Anda bisa mengawalinya dengan melakukan konsultasi dengan pihak Zurich terlebih dahulu. Konsultasi dapat dilakukan dengan menghubungi Zurich via email maupun via telefon, sesuai dengan preferensi Anda.

Berikut 2 cara berhenti Asuransi Jiwa Zurich yang dapat Anda tempuh:

Dengan Mengunjungi Kantor

Mengunjungi kantor akan sangat merepotkan bagi pemegang polis yang memiliki kendala dalam jarak dan transportasi. Namun jika Anda dapat dengan mudah mengunjungi kantor Zurich, maka proses ini direkomendasikan untuk Anda dari pada cara yang satunya.

Dengan mengunjungi kantor resmi, komunikasi akan lebih nyaman dan lebih cepat untuk mencapai titik temu. Berikut cara berhenti dari asuransi jiwa zurich dengan mengunjungi kantor:

  • Melengkapi segala persyaratan pembatalan polis yang telah disebutkan sebelumnya dan membawanya ke kantor Zurich
  • Mengunjungi kantor asuransi jiwa zurich terdekat
  • Melakukan komunikasi dengan marketing atau customer service. Menyampaikan bahwa ingin melakukan pembatalan polis dengan alasan yang jelas dan singkat.
  • Mengisi form penarikan dan form penebusan polis unit link yang diberikan oleh customer service.
  • Customer service akan mengarahkan Anda untuk melakukan pembatalan polis. Anda hanya perlu mengikuti arahan dari customer service.

Dengan Menghubungi Marketing

Bagi Anda yang kesulitan untuk mengunjungi kantor Zurich secara langsung dapat melakukan pembatalan polis dengan menghubungi pihak marketing. Lakukan komunikasi ini hanya dengan staff marketing Zurich yang dapat Anda percaya.

Berikut cara berhenti Asuransi Jiwa Zurich dengan menghubungi marketing:

  • Menghubungi kontak marketing yang membantu Anda mendaftar Asuransi Zurich Life
  • Melakukan komunikasi dengan marketing. Menyampaikan bahwa ingin melakukan pembatalan polis dengan alasan yang jelas dan singkat.
  • Mengisi form penarikan dan form penebusan polis unit link yang diberikan oleh customer service.
  • Melampirkan segala persyaratan pembatalan polis yang telah disebutkan sebelumnya
  • Staff marketing akan mengarahkan Anda untuk melakukan pembatalan polis. Anda hanya perlu mengikuti arahan dari pihak marketing.

Kontak dan Lokasi Kantor

Anda dapat mengunjungi kantor Zurich di:

  • PT Zurich Topas Life, Graha Zurich, Jl. MT. Haryono Kav. 42, Jakarta Selatan 12780
  • PT Zurich Topas Life, Graha Pacific Surabaya, Jl. Jenderal Basuki Rachmat No.87-91, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60271
  • PT Zurich Topas Life, Paskal Hyper Square, Ruko B 22, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40172

Anda juga dapat menghubungi Zurich Life di call center Zurich 1500-987 atau via surat elektronik di customercare.indo@zurich.co.id.

Mengikuti salah satu cara berhenti Asuransi Jiwa Zurich di atas akan dapat membantu Anda segera membatalkan polis yang Anda miliki. Harapannya setelah melakukan pembatalan polis ini akan memberikan manfaat yang lebih banyak bagi Anda dan keluarga.