Review Desain Samsung A73 5G: Perangkat Tangguh dengan Fitur Canggih

Review Samsung A73 5G – Smartphone Samsung A73 hadir dengan banyak keunggulan dan fitur yang canggih. Ponsel ini merupakan kombinasi antara canggihnya teknologi smartphone dengan kualitas yang tidak main-main. Kualitas tampilannya bagus dan kinerjanya tidak akan mengecewakan.

Kamera telah ditingkatkan untuk menghasilkan foto atau video berkualitas tinggi, apalagi dengan fitur HDR. Sedangkan di sisi daya, baterai yang digunakan juga sangat mengesankan hingga bertahan lebih lama.

Belum lagi prosesornya dan tentu saja memory yang disematkan di dalamnya, cocok untuk memainkan game atau pekerjaan secara multitasking. Dalam penggunaan normal, ponsel ini memang apik. Kita akan melihat lebih dalam.

Desain Samsung A73

Samsung Galaxy A73 terlihat mewah pada pandangan pertama. Perangkat berbahan polikarbonat ini terlihat dan terasa premium di tangan. Ada varian warna mint yang terlihat cantik dari setiap sudut. Samsung telah memberikan lapisan logam pada rel samping untuk membuatnya lebih menarik dan elegan.

Panel belakang memiliki lapisan matte yang memastikan tidak mudah tergores atau meninggalkan sidik jari. Sehingga kesan bersih dan eksklusif bisa didapatkan setiap saat.

Tepi kanan ponsel memiliki tombol volume dan tombol daya. Sedangkan tepi kiri Galaxy A73 dibiarkan kosong. Jari tangan dapat mencapai tombol volume dan tombol daya dengan mudah. Hanya saja, perangkat ini terkadang perlu dioperasikan dengan kedua tangan.

Mikrofon, port pengisian daya Tipe-C, dan kisi-kisi speaker terdapat di tepi bawah sedangkan mikrofon ke-2 dan slot SIM hybrid berada di tepi atas.

Di bagian belakang perangkat, Anda akan melihat pengaturan quad-camera dengan lampu LED. Modul kamera persegi panjang tampaknya menyatu dengan baik dengan panel belakang. Sisi bawah terdapat logo Samsung.

Meski desain smartphone ini terlihat cukup sederhana, perangkat ini memberikan nuansa premium saat digenggam. Bagian depan didominasi oleh layar 6,7. Panel AMOLED dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 yang dapat melindungi layar dari goresan kecil.

Untuk membuka kunci perangkat, Anda akan menemukan sensor sidik jari dalam layar. Fitur sidik jari ini bekerja sangat cepat dan begitu responsif. Anda cukup pergi ke Setting dan rekam sidik jari untuk membuka ponsel.

Display

Samsung A73 5G memiliki panel layar Full HD+ AMOLED 6,7 inci dengan kecepatan refresh 120Hz. Baik itu digunakan untuk scroll aplikasi media sosial seperti Instagram atau menonton konten di Netflix, layar menunjukkan warna dan detail yang bagus.

Layarnya besar dan bezelnya sangat tipis serta dukungan HDR yang membuat pengalaman menonton video atau film menjadi lebih menyenangkan.

Tingkat puncak kecerahan layar adalah 800 nits yang membuatnya tetap jelas bahkan di bawah sinar matahari langsung. Perangkat ini dilengkapi dengan 2 mode layar, mode Vivid memberikan warna yang sangat cerah dan ceria. Mode Alami memberikan replikasi terdekat dari warna alami.

Kecepatan refresh juga memiliki opsi 60Hz dan 120Hz. Saat Anda memilih opsi 120hz, opsi ini akan tetap diaplikasikan pada 120Hz bahkan jika Anda menonton konten 24fps.

Pada bagian audio, ponsel ini memiliki satu speaker di bagian bawah yang sangat nyaring dan jernih. Speaker ini dapat memenuhi ekspektasi saat digunakan untuk bermain games dan menonton film atau video.

Kemampuan (Performance)

Samsung Galaxy A73 telah diluncurkan dengan chipset octa-core Snapdragon 778G. Walau mungkin tampak agak ketinggalan jaman, tetapi prosesor berdasarkan fabrikasi 6nm memberikan kinerja yang andal.

Dipasangkan dengan GPU Adreno 642L, RAM 8GB, dan memori 128/256GB, perangkat ini memberikan penelusuran web yang mulus, berselancar di media sosial, multi-tasking, pemutaran video, dan banyak lagi. Tidak ada jeda atau freeze saat melakukan aktivitas ini.

Tidak semua smartphone ditujukan untuk gaming, dan Galaxy A73 juga tidak dibuat khusus untuk gaming. Namun, Anda dapat memainkan beberapa game ringan di dalamnya. Game berat seperti Asphalt 9 cenderung menyiksa CPU.

Jika kita berbicara tentang perangkat lunak, Samsung A73 menjalankan versi Android 12 terbaru dengan kulit Samsung One UI 4.1. Smartphone ini mendukung kecepatan internet yang cepat 5G, dan memiliki UI yang bersih.

Blotware atau aplikasi pihak ketiga yang sudah ter-install bisa saja di-uninstall. Hanya saja, ini akan memakan waktu. Tapi secara keseluruhan, tidak ada masalah dengan ketangguhan Galaxy A73 ini.

Kamera

Mari kita bicara tentang fitur kamera sekarang. Galaxy A73 mengusung sensor kamera utama 108MP dengan aperture f/1.8 dan OIS. Kamera menghasilkan gambar yang bagus dengan warna yang apik, detail, dan rentang dinamis.

Warna-warna dalam foto yang diambil sebagian besar tetap alami tapi tetap hidup. Hasil jepretan tajam dengan detail gambar yang memadai. Dalam cahaya redup, lensa utama menghasilkan gambar yang kurang bagus dan detailnya sedikit terpengaruh pada malam hari.

Lensa kedua adalah sensor ultrawide 12MP. Lensa ultra-lebar memberikan FOV besar dan gambar yang layak, tetapi kualitas detail gambar tidak jauh dari kamera belakang utama. Smartphone ini juga memiliki sensor makro 5MP dan sensor kedalaman (depth) 5MP.

Beberapa fitur kamera lain adalah mode Super Slow-Motion, Slow-Motion, Food, Panorama, Pro, Single take, dan portrait. Semua fitur ini menghasilkan gambar atau video yang ciamik. Apalagi jika Anda suka mengambil gambar atau video untuk kebutuhan konten, fitur ini akan sangat membantu.

Di bagian depan, Samsung telah mengemas Galaxy A73 dengan kamera 32MP untuk selfie. Dalam cahaya alami, selfie memiliki detail yang sangat baik. Seperti kebanyakan kamera, kamera ini juga mengalami penurunan kualitas gambar dalam cahaya rendah.

Baterai

Samsung A73 ditenagai baterai 5000mAh yang menawarkan daya tahan yang sangat baik. Ponsel ini mendukung pengisian cepat 25W yang membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk terisi penuh. Setelah terisi penuh, baterainya tidak cepat habis bahkan setelah penggunaan yang berat.

Jika untuk penggunaan normal, maka baterai dapat bertahan selama lebih dari 1,5 hari. Sedangkan dengan kecepatan refresh pada 60Hz, bahkan baterai mampu bertahan selama hampir 2 hari. Sebagai contoh, saat baterai tersisa 36%, dalam kondisi normal, masih bisa digunakan selama 16 jam.

Untuk penggunaan yang lebih berat seperti bermain games, penggunaan daya tentu akan lebih besar lagi. Walau demikian, drainase atau konsumsi baterai tetap tergolong lambat. Artinya, walau dalam penggunaan berat, baterai tidak akan cepat habis.

Tidak ada pengisi daya di dalam box dan kabel yang diberikan memiliki port USB Type-C di kedua ujungnya. Jadi, jika Anda memiliki pengisi daya baru, kabel ini mungkin dapat digunakan.

Jika tidak, Anda harus membeli pengisi daya baru. Pengisi daya lama apa pun yang memiliki port Tipe-C di ujung mana pun juga dapat digunakan.

Dengan kekuatan baterai yang mengesankan, tampilan mewah, layar AMOLED dan tentu saja prosesor tangguh, Samsung A73 sepertinya layak untuk dimiliki. Apalagi jika Anda memiliki budget sekitar Rp 6 jutaan. Memang tergolong mahal, tapi ponsel ini benar-benar canggih dan tangguh.