Review Samsung M33 5G, Batrai Super Awet!

Samsung M33 5G – Smartphone Samsung baru-baru ini memulai debutnya dengan harga yang sangat kompetitif, berkisar Rp 3 jutaan. Smartphone ini ditenagai oleh Exynos 1280 dan memiliki RAM hingga 8GB. Belum lagi tenaga baterai 6000mAh yang kuat dan pengaturan quad-camera di bagian belakang.

M33 5G ini hadir dengan berbagai teknologi canggih dan fitur modern sesuai dengan kebutuhan pangsa pasarnya, yakni kelas menengah.

Perangkat ini bertujuan untuk bersaing dengan smartphone lain dari merek Oppo, Realme, Poco, dan Redmi. Pertanyaannya adalah apakah Galaxy M33 5G ini dapat mengalahkan pesaingnya? Tentu jawabannya bisa kita temukan melalui ulasan berikut.

Desain Samsung M33 5G

Samsung Galaxy M33 5G memiliki desain khas seperti ponsel Samsung lainnya. Smartphone ini memiliki sudut membulat dan bezel yang sangat sedikit pada tampilan depan. Hadir dengan beberapa warna; salah satunya adalah Deep Ocean Blue yang memperlihatkan kemewahan dan elegan.

Untuk beberapa orang, ponsel ini terasa besar (215 gram) di tangan (karena baterai 6000mAh). Selain itu, dari sisi tampilan juga bisa dikatakan biasa saja, tidak ada hal mencolok yang mungkin menarik perhatian.

Bagian depan memiliki layar 6,6 inci yang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 yang membuat perangkat terlihat kuat. Di bagian tepi kanan, terdapat tombol pemindai sidik jari dan pengatur volume. sedangkan tepi kiri smartphone menampung slot SIM.

Bagian bawah memiliki port pengisian USB Type-C, kisi-kisi speaker, dan jack headphone 3,5 mm. Tepi atas dibiarkan kosong sedangkan belakang memiliki modul kamera persegi sederhana yang menampung lensa quad-camera.

Lampu kilat LED berada tepat di luar modul kamera dan juga terdapat branding Samsung di bagian belakang smartphone. Bagian belakang ini, kamera sedikit menonjol keluar dan tentu saja lapisan anti-goresnya akan membuat casing lebih awet.

Dari segi ukuran dan ketebalan, Samsung M33 5G pas di tangan tetapi agak sulit untuk mengoperasikannya dengan satu tangan. Perangkat juga tidak dilengkapi dengan pengisi daya atau pelindung di dalam boxnya.

Artinya, Anda harus membelinya dengan membayar lebih. Secara keseluruhan, desain Samsung Galaxy M33 5G tidak ada yang unik dan sangat biasa saja.

Display

Samsung Galaxy M33 5G hadir dengan panel layar FHD+ Infinity-V 6,6 inci. Ini adalah panel LCD yang menawarkan kualitas visual sangat baik. Warnanya cerah, tampak detail dan tajam.

Ponsel ini juga dapat melakukan kecepatan refresh 120Hz, memastikan semuanya terasa lancar baik itu untuk berselancar di dunia maya seperti media sosial, menjelajahi web, atau membaca e-book hingga bermain games pun terasa ringan.

Pengalaman penggunaan aplikasi seperti YouTube, Netflix, atau aplikasi OTT lainnya memiliki kualitas di atas rata-rata. Anda dapat beralih antara tema mode Gelap atau Terang sesuai kenyamanan.

Ada juga opsi seperti pelindung mata yang nyaman, batas waktu layar, dan sensitivitas sentuhan juga yang dapat Anda sesuaikan sesuai keinginan.

Secara keseluruhan, Galaxy M33 memiliki layar LCD yang lebih baik daripada ponsel sekelas dari brand lainnya. Apalagi, Galaxy M33 ini sudah dilengkapi dengan koneksi 5G.

Baterai

Baterai adalah salah satu komponen dan fitur unggulan dari Samsung M33 5G jika dibandingkan dengan smartphone lain. Dengan dapur pacu 6000mAh yang kuat, dayanya mampu bertahan selama 1-2 hari pada penggunaan cahaya sedang hingga rendah.

Bahkan jika Anda seorang gamer dan suka streaming konten berjam-jam, baterainya tetap bisa bertahan lebih dari satu hari. Sebagai perbandingan, penggunaan seperti menonton di Netflix, bermain game, mendengarkan musik, dan menjelajahi situs media sosial, baterainya tetap bertahan selama sekitar 2 hari.

Ada opsi untuk menghemat daya baterai dan membatasi penggunaan latar belakang juga, yang dapat diaktifkan dari menu pengaturan. Tentu, ini dapat memperpanjang daya baterai dalam kondisi tertentu.

Perangkat ini dilengkapi dengan dukungan pengisian cepat 25W yang mengisi daya perangkat dari 0 hingga 100% dalam waktu sekitar 1,5 jam. Memang pengisi daya tidak disertakan dalam box, sehingga Anda harus membelinya secara terpisah.

Secara keseluruhan, Galaxy M33 5G dapat menjadi pilihan yang baik karena baterai yang kuat dan kemampuan pengisian cepat.

Kamera

Samsung M33 5G hadir dengan pengaturan quad-camera di bagian belakang. Ini termasuk kamera utama 50MP, kamera ultrawide 5MP dengan FOV 120 derajat, kedalaman (depth) 2MP, dan sensor makro 2MP.

Perangkat ini memiliki UI Kamera sederhana dengan berbagai opsi yang tersedia seperti foto dengan fitur burst, stabilisasi video, HDR otomatis, menambahkan watermark, dan banyak lagi. Foto dapat diambil dengan menggunakan tombol volume, atau menunjukkan telapak tangan Anda ke kamera.

Fitur lainnya adalah seperti mode gerakan lambat, gerakan super lambat, panorama, pengambilan tunggal, dan Pro. Semuanya mudah untuk digunakan.

Kamera utama 50MP menghasilkan gambar yang apik di siang hari. Hasil fotonya cerah, detail, dan layak untuk media sosial. Hijau, merah, dan cokelat terlihat indah saat ditangkap dengan lensa ini.

Masalahnya terletak ketika gambar diklik dalam cahaya buatan yang terang. Terlalu banyak pencahayaan tampaknya membuat gambar kabur. Sedangkan foto di ruangan dengan LED normal dan cahaya lebih lembut menghasilkan kualitas yang lebih baik.

Kamera ultrawide 5MP menghasilkan foto yang lebih apik lagi bahkan dalam kondisi cahaya buatan. Fitur ini mencakup FOV yang baik sehingga gambar tidak sekabur dengan lensa utama.

Bidikan estetik yang diambil dari jarak dekat dengan sensor makro dan depth, hasilnya juga tidak mengecewakan walaupun fokusnya tidak begitu akurat. Detailnya mungkin terlihat tidak begitu wah, tapi dari tampilan warnanya terlihat sangat akurat.

Ada mode jenis baru yang disebut ‘Mode Makanan’ (Food Mode). Mode ini dikhususkan untuk memfoto makanan dan minuman. Hasilnya, tampilan foto makanan terlihat begitu hidup dan lezat.

Galaxy M33 memiliki kamera selfie 8MP. Walau dalam pencahayaan sedang, hasilnya masih sangat bagus. Subjek serta latar belakang keduanya tetap fokus dalam selfie.

Kemampuan (Performance)

Galaxy M33 ini memiliki kemampuan yang mengesankan dengan dapur pacu Exynos 1280. Kinerja prosesor ini tidak perlu diragukan karena setara dengan kemampuan Snapdragon 778G. Ditambah lagi dengan RAM 8GB, bisa dipastikan untuk melakukan pekerjaan berat dan multitasking pun lancar.

Penyimpanan 128GB memberikan ruang yang cukup untuk menyimpan foto, video, audio, dokumen, dan aplikasi penting tanpa gangguan.

Perangkat ini mendukung konektivitas 5G yang akan berguna ketika jaringan 5G mulai merata di Indonesia. Selain itu, Galaxy M33 5G memiliki speaker stereo yang memberikan pengalaman berkesan saat Anda menonton konten di media sosial, mendengarkan musik, atau streaming video atau film.

Untuk keamanan, perangkat ini dilengkapi dengan opsi kunci sidik jari dan pengenalan wajah. Anda juga dapat memilih jenis pemberitahuan yang ingin Anda lihat di layar utama – apakah pemberitahuan ditampilkan secara singkat atau terperinci.

Ada opsi yang disebut ‘Temporary Mute’ yang berguna jika Anda ingin membisukan telepon untuk jangka waktu tertentu, posting yang secara otomatis akan beralih ke mode suara.

Samsung M33 5G sepertinya dapat memainkan peran secara maksimal. Dengan harga sekitar Rp 3 jutaan dan berbagai fitur serta teknologi canggih di dalamnya, apalagi kekuatan baterai yang mengesankan, maka ini bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki budget sekitar Rp 3 jutaan.