Spesifikasi Lengkap Vivo T1 5G: HP Canggih Harga 3 Jutaan

Vivo T1 5GVivo terus melakukan pembaharuan pada perangkat selulernya. Sekarang, mereka secara resmi telah merilis Vivo T1 5G di mana target pasar atau penggunanya adalah Gen Z. Ponsel ini didukung berbagai teknologi canggih dengan harga yang sangat terjangkau.

Vivo tahu jika jaringan 5G, secara pasti akan mulai tersebar merata di Indonesia. Untuk itulah, Vivo T1 ini dilengkapi dengan koneksi jaringan 5G. Koneksi jaringan 5G ini didukung dengan berbagai perangkat lunak canggih di dalamnya.

Harapannya, dengan harga sekitar Rp 3 jutaan, ponsel ini menjadi incaran Gen Z untuk kebutuhan digital mereka dari mulai browsing internet, membuat konten video atau hanya sekedar memantau platform media sosial hingga menonton video dan bermain games.

Desain Vivo T1 5G

Vivo T1 hadir dengan warna Starlight Black yang memiliki gradien unik pada panel belakang. Smartphone ini dapat berubah warna ketika terkena cahaya di atasnya, memiliki bingkai datar dengan punggung rata. Desain datar di sekeliling membuatnya terasa lebih ramping. Apalagi dengan ketebalan 8.25mm.

Rasa di tangan nyaman dan panel belakang terasa halus dan lembut. Ukurannya pas di telapak tangan. Beratnya hanya 187 gram sehingga memudahkan Anda untuk memegang dan mengoperasikannya dengan satu tangan lebih mudah.

Sedangkan untuk I/O, Vivo T1 hadir dengan sensor sidik jari di bawah tombol power yang berfungsi dengan baik. Bagian bawah memiliki port USB Type-C untuk mengisi daya antara jack headphone 3.5mm dan grill speaker mono. Vivo T1 juga memiliki fitur canggih berupa sistem pengenal wajah.

Di bagian belakang, modul kamera berada di sudut kiri atas dan seperti yang disebutkan di atas tidak terlalu menonjol alias rata. Sehingga tidak terasa mengganggu saat digenggam.

Display Vivo T1

Vivo T1 hadir dengan LCD FHD+ 6,58 inci dan kecepatan refresh tinggi 120Hz. Fitur atau teknologi ini bisa dirasakan saat digunakan untuk scroll media sosial atau membaca artikel berita. Penggulirannya mulus dan konten di layar tidak pernah tampak kabur.

Layar memiliki bezel tipis dan kecerahan tertinggi hanya 460 nits. Tentu, ini tidak cukup saat menggunakan ponsel di bawah sinar matahari.

Touch Sampling rate 240Hz berarti sentuhan itu sangat sensitif dan responsif yang membantu terutama selama sesi permainan. Kecepatan display refresh bervariasi dan dapat diubah sesuai kebutuhan.

Dengan demikian, fitur ini dapat menghemat baterai dengan mematikannya saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan fokus seperti membaca dan berselancar.

Vivo T1 memiliki Kaca Panda untuk perlindungan perangkat yang baik. Adapun visual pada layar FHD sebagian besar tajam, detail dan benar-benar mengesankan. Ini dapat memberikan pengalaman menonton yang imersif.

Baterai

Vivo T1 5G hadir dengan baterai 5000mAh yang kuat dan kemampuan pengisian cepat 18W. Dibutuhkan sekitar 1 jam 45 menit untuk mengisi baterai hingga 100%. Melihat kecanggihan pengisian baterai sekarang, mungkin 1 jam 45 menit ini tergolong terlalu lama.

Bagi Anda yang memakai ponsel ini dengan penggunaan sedang, baterai dapat bertahan selama sekitar 1,5 hari karena drainase baterai sangat rendah. Ini dengan penggunaan sedang.

Namun, jika Anda adalah tipe pemakai dengan penggunaan kategori berat, maka baterai perlu diisi setiap hari. Jadi, konsumsi baterai ini bisa cepat atau lambat tergantung dari penggunaannya.

Kamera

Vivo T1 hadir dengan pengaturan tiga kamera di bagian belakang yang mencakup Sensor Samsung JN1 50MP, sensor makro 2MP dan lensa depth 2MP. Aplikasi kamera dapat dengan mudah digunakan begitu juga pengaturan di dalamnya.

Kamera utama menghasilkan foto berkualitas tinggi di bawah pencahayaan yang baik. Foto-foto yang dihasilkan penuh dengan detail, cerah dan bayangan juga tampak bagus.

Kualitas gambar di Mode Malam (Night Mode) masih kurang maksimal walaupun status Mode Super Malam (Super Night Mode) sudah aktif. Ada terlalu banyak noise pada gambar yang diklik. Ada butiran yang terlihat dan terkadang tampak buram juga.

Selain itu, pengguna harus menjaga tangan tetap stabil selama sekitar 5-7 detik untuk mendapatkan gambar yang lebih baik.

Tidak ada kamera ultrawide tetapi sensor makro 2MP memberikan bidikan close-up ekstrem yang bagus untuk foto makro atau dengan jarak dekat seperti memfoto bunga.

Smartphone ini juga dapat merekam video hingga resolusi 1080p pada 30/60fps dengan kamera depan dan belakang, tetapi kualitas video tidak terlalu memuaskan karena kestabilan masih kurang. Tidak ada OIS atau EIS yang dapat membuat video stabil ketika terjadi goncangan rendah.

Vivo T1 memiliki kamera selfie sebesar 16MP. Ini, tentu saja dapat menghasilkan foto yang bagus. Selfienya jelas, detail, dan tidak pernah goyang meski tangan pengguna kadang-kadang bergerak. Warna kulitnya terlihat sangat mirip dengan aslinya.

Ini adalah keunggulan tersendiri bagi orang yang tidak suka menggunakan filter. Selfie dengan cahaya rendah juga masih bagus hasilnya. Bisa disimpulkan jika teknologi dan performa kamera Vivo T1 ini tidak mengecewakan.

Performance (Ketangguhan)

Vivo T1 5G ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 695 bersama dengan RAM LPDDR4x dan penyimpanan UFS 2.2. Meskipun prosesornya mumpuni untuk penggunaan normal, namun tidak sekuat snapdragon versi 765G dan ini sangat terasa ketika sedang bermain game.

Contoh game seperti PUBG yang membutuhkan grafis tingkat tinggi dan berat tidak berkinerja baik di Vivo T1. Drainase memang baterai lambat tetapi game tersendat saat dimainkan dalam waktu lama. Ini berarti gamer mungkin tidak terlalu senang dengan perangkat ini.

Muncul dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan 128GB berarti melakukan pekerjaan secara multitasking tetap bisa lancar. Aplikasi dapat dibuka dengan cepat dan beberapa aplikasi dapat dijalankan secara bersamaan.

Bahkan ketika beberapa aplikasi berjalan di latar belakang, untuk melakukan panggilan telepon, Anda tidak perlu mematikan aplikasi apa pun di latar belakang.

Selama penggunaan jangka panjang, Vivo T1 ini tidak terasa panas sama sekali. Setelah dites dengan menggunakan Geekbench 5, smartphone ini dapat mencetak skor 668 dan 1930 dalam tes single-core dan multi-core.

Di bagian depan perangkat lunak, smartphone memiliki teknologi FunTouch OS v12 di atas Android 12. Masalah terbesar dengan perangkat lunak ini adalah banyaknya bloatware yang sudah diinstall. Ya, ada beberapa aplikasi iklan yang terinstall. Memang bisa di-uninstall tapi tetap saja mengganggu.

Speaker tunggal di bagian bawah memberikan kualitas suara yang bagus dan pemindai sidik jari juga berfungsi dengan baik. Terdapat juga jack headphone 3.5mm dan mendukung 2 band 5G, yang lebih kecil. Vivo T1 juga mendukung 4G VoLTE, Bluetooth 5.1, dan Wi-Fi dual-band.

Secara keseluruhan, Vivo T1 5G ini layak untuk dimiliki terutama bagi pecinta Android yang ingin memiliki ponsel dengan harga standar. Dari sisi desain, fitur dan kemampuan Vivo T1 ini dapat memenuhi ekspektasi pengguna Gen Z.