10 Aplikasi Cari Jodoh Paling Banyak Digunakan Sekarang

Ada yang bilang cari jodoh itu susah-susah gampang atau gampang-gampang susah. Tapi, itu sepertinya tidak berlaku lagi saat ini mengingat ada banyak aplikasi cari jodoh yang dapat membantu menemukan jodoh impian. Bagaimanapun, yang namanya jodoh harus diusahakan.

Pertama, bisa dimulai dengan ingin mencari jodoh seperti apa, dari negaranya, warna kulitnya hingga kepribadiannya. Setelah itu, dengan aplikasi jodoh berikut, Anda bisa mencari sesuai dengan keinginan. Ingat, mencari jodoh itu artinya mencari pasangan hidup, jadi pilihlah dengan bijak.

Tidak selamanya yang cantik dan tampan itu bisa membahagiakan. Semua orang setuju bahwa rasa nyaman dan aman itu adalah hal yang sangat penting dalam rumah tangga. Selanjutnya, ilmu terkait rumah tangga juga perlu dipelajari dan dipahami bersama demi rumah tangga yang harmonis.

10 Aplikasi Cari Jodoh

Inilah daftar aplikasi yang bisa membantu untuk mencarikan jodoh;

Tinder

Tinder adalah salah satu aplikasi pertemanan dan dating atau cari jodoh yang paling populer, bukan hanya di Indonesia bahkan di dunia. Konon, ada sekitar 26 juta pasangan yang telah bertemu jodohnya karena Tinder.

Fitur menarik dari Tinder adalah Anda bisa menemukan atau bertemu dengan orang baru, sesama pengguna Tinder berdasarkan lokasi. Sehingga, walau sedang dalam perjalanan atau traveling ke suatu tempat, Anda bisa bertemu dengan pengguna Tinder di lokasi wisata tersebut.

Begitu juga ketika baru saja pindah kota atau bahkan negara, maka sesama pengguna Tinder bisa saling kenal jika mengatur fitur pencari temannya berdasarkan lokasi.

Tinder sangat populer di Indonesia bahkan dunia. Maka dari itu, aplikasi ini bisa membantu mempertemukan jodoh dari Indonesia maupun luar negeri.

Taaruf ID

Sesuai namanya, aplikasi cari jodoh ini dirancang secara khusus untuk mereka yang sudah siap baik secara materi maupun mental untuk menikah. Sesama pengguna aplikasi ini bisa mencari jodoh berdasarkan nama kota atau lokasi, karena menggunakan sistem GPS.

Sehingga dalam mencari calon pasangan menggunakan Taaruf ID ini, Anda bisa mengatur lokasi terdekat. Siapa tahu, ternyata jodoh Anda selama ini adalah tetangga sendiri yang sebelumnya tidak pernah kenal atau ketemu.

Sebaiknya, dalam menggunakan aplikasi ini tidak untuk bermain-main. Ini karena banyak pengguna Taaruf ID sudah tidak ingin main-main lagi alias ingin serius melepas masa lajang. Oleh sebab itu, tetap jaga attitude. Dekati dengan hormat jika ingin melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Setipe

Ketiga, ada Setipe. Aplikasi ini memiliki keunikan sendiri jika dibandingkan yang lainnya. Yakni, adanya fitur yang menggabungkan ilmu psikologi dan teknologi. Bisa dikatakan, Setipe adalah aplikasi matchmaking atau pencari jodoh yang menggabungkan keduanya.

Pengguna nantinya harus mengisi semacam psikotest. Ini bertujuan untuk mengetahui personality atau kepribadian masing-masing pengguna. Dengan begitu, setiap pengguna dapat menemukan jodoh sesuai dengan preference yang diinginkan.

Algoritma Setipe bekerja secara unik dengan memberikan rekomendasi pengguna lain berdasarkan preferensi, kriteria tertentu hingga kepribadian menurut ilmu psikologi. Harapan developer adalah untuk menemukan pasangan yang tepat.

Ya, dengan mempertemukan pengguna berdasarkan hal di atas, maka ketidakcocokan bisa berkurang. Paling tidak seorang pengguna dapat menemukan pasangan yang paling dekat dengan kriteria impian. Mungkin ini yang menyebabkan banyak orang menyukai aplikasi Setipe.

Kepo

Selanjutnya ada aplikasi bernama Kepo. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dating seperti aplikasi lainnya. Dari sekian fiturnya, ada fitur yang bisa digunakan untuk mengetahui orang Kepo lain yang ingin dekat dengan pengguna. Bisa juga untuk melihat seseorang yang sedang dekat dengan pengguna.

Kepo menyediakan fitur untuk chatting secara personal. Ada juga fitur chatting bersama dengan grup. Dengan begitu, masing-masing pengguna dapat berkomunikasi dengan nyaman baik menggunakan chat personal maupun grup.

Taman Surga

Aplikasi cari jodoh yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin mencari jodoh secara Islami. Ada beberapa menu di dalamnya seperti menu Ta’aruf di mana Anda bisa berkenalan dengan calon jodoh dengan batasan yang sudah ditentukan.

Jika di tahap ta’aruf ini dirasa ada kecocokan, maka bisa dilanjutkan dengan tahap berikutnya yang telah disediakan oleh Taman Surga.

Fitur-fitur di dalamnya termasuk manajemen dan sistem perkenalan jodohnya dibuat berdasarkan Islam untuk menjaga kehormatan masing-masing calon. Selain itu, jika terjadi penolakan pun tidak sampai membuat sakit hati.

Inilah kenapa aplikasi Taman Surga ini cocok untuk Anda yang siap menikah baik dari sisi mental maupun finansialnya. Aplikasi ini nantinya dapat menemukan calon jodoh dari Indonesia.

Jodoh Ideal

Jodoh yang ideal merupakan impian semua orang. Inilah yang menjadi harapan dari aplikasi Jodoh Ideal, yakni membantu penggunanya untuk mendapatkan jodoh sesuai impian. Aplikasi ini dapat menemukan jodoh asli dari Indonesia. Pengguna bisa mencarinya berdasarkan nama kota.

Ada berbagai fitur di dalam aplikasi ini yang akan memudahkan pengguna untuk menemukan jodoh idealnya. Ideal di sini, tentu setiap orang memiliki standar yang berbeda-beda.

Bumble

Hampir sama dengan Tinder, aplikasi berikutnya yang menggunakan lokasi GPS untuk mencari calon jodoh adalah Bumble. Sama seperti Tinder, Bumble juga menawarkan fitur geser kanan dan kiri untuk menyukai atau menolak berteman dengan pengguna lain.

Bumble menawarkan fitur lain yakni adanya sistem proteksi untuk setiap penggunanya khususnya perempuan. Ya, aplikasi ini membatasi pengguna pria untuk memulai percakapan atau chat dengan pengguna perempuan.

Artinya, pihak perempuan perlu memberikan persetujuan terlebih dahulu untuk bisa melakukan chat dengan pengguna pria. Oleh sebab itu, selama pengguna perempuan belum memberikan persetujuan, maka pengguna pria perlu menunggu.

Wajar jika kemudian ada yang memberikan klaim bahwa Bumble menawarkan kenyamanan dan keamanan lebih terhadap pengguna perempuan.

Happn

Happn menggunakan akun Facebook untuk melakukan pendaftaran. Tujuannya adalah agar pengguna lain bisa melihat profil secara lebih lengkap. Happn bisa mempertemukan pengguna baik dari dalam maupun luar negeri.

Aplikasi ini menawarkan fitur like untuk menyukai seseorang dan tombol X itu menggeser orang lain yang tidak disukai.

Tagged

Aplikasi cari jodoh yang satu ini cukup berbeda dengan yang lain. Algoritma di dalam Tagged ini bisa dikatakan unik. Ini karena pengguna tidak hanya bisa mencari calon jodoh berdasarkan jarak tertentu melainkan juga adanya fitur bernama Live Stream serta berbagai permainan mobile.

Dari sisi fitur keamanannya, Tagged memberikan jaminan keamanan privasi secara serius, khususnya terkait dengan lokasi pasti para penggunanya. Sehingga walau ada fitur pengatur jarak, bukan berarti lokasi pengguna dibagi secara akurat.

Badoo

Badoo adalah aplikasi berikutnya yang cukup terkenal di dunia. Penggunanya kebanyakan dari luar negeri. Berbagai fitur di dalamnya dapat membuat antara pengguna satu dengan lainnya untuk saling mengenal lebih jauh. Oleh sebab itu, aplikasi ini dapat membantu menemukan teman baru atau jodoh.

Pada intinya, aplikasi ini membantu pengguna untuk menemukan jodoh. Hanya saja, walaupun aplikasi cari jodoh tersebut sudah dibuat sedemikian rupa, kasus penipuan dengan menggunakan foto atau profil palsu masih sangat mungkin terjadi. Sehingga, diperlukan kehati-hatian ekstra bagi para pengguna.