13 Aplikasi Chat Luar Negeri; Cari Teman dan Belajar Bahasa Inggris

Ingin mengobrol dengan bule? Saat ini, tentu lebih mudah baik itu mencari teman dari luar negeri ataupun mempelajari bahasa asing. Berbagai aplikasi chat luar negeri bahkan bisa membantu Anda menemukan teman yang merupakan native speaker atau orang asli dengan bahasa mereka masing-masing.

Aplikasi untuk chatting dengan orang luar negeri memang memiliki banyak manfaat dari mulai mencari teman, memperluas wawasan, mencari berbagai informasi seperti pendidikan atau budaya hingga mempelajari bahasa mereka. Menarik sekali, kan?

Bukan tidak mungkin jika suatu saat pertemuan dengan teman di aplikasi chat berikut ini bisa menjadi awal pertemuan di dunia nyata. Misalnya, dengan bertemu teman ini kemudian Anda mendapatkan informasi beasiswa dan bisa kuliah di negara teman tersebut. Semua serba mungkin.

13 Aplikasi Chat Luar Negeri

13 aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mencari teman maupun belajar bahasa asing, khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa global.

Tandem Language Exchange

Tandem Language Exchange, dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa aplikasi ini membantu penggunanya untuk bertukar bahasa dengan pengguna lain. Oleh sebab itu, aplikasi ini cocok untuk Anda yang ingin belajar bahasa Inggris atau hanya sekedar mencari teman dari luar negeri.

Tandem Language Exchange ini menyediakan beberapa fitur seperti chat atau text, voice call, video call dan lainnya. Adapun fitur pencarian teman bisa dengan menggunakan jarak. Sehingga masing-masing pengguna dapat mengetahui lokasi atau negara dari pengguna lain.

HelloTalk

Banyak bule atau orang luar negeri yang menggunakan Hello Talk untuk mencari teman dari luar negeri. Oleh sebab itu, aplikasi ini bisa menjadi sarana untuk belajar bahasa asing. Ya, hampir sama dengan Tandem Language Exchange, Hello Talk juga menawarkan berbagai fitur seperti chatting dan video call.

Hello Talk menawarkan pengguna untuk mencari dan bertemu dengan teman baru dari manapun, di belahan dunia mana pun. Sehingga cocok untuk Anda yang akan mencari teman atau belajar bahasa asing. Tentu sangat menarik ketika belajar bahasa asing dengan teman baru dari luar negeri.

Tinder

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi chat luar negeri yang satu ini? Tinder dikenal sebagai aplikasi pertamanan atau bahkan dating, yakni untuk mencari jodoh. Tinder memiliki jutaan pengguna aktif sehingga memungkinkan siapa saja bertemu bahkan berjodoh dengan siapa saja, dari negara mana saja.

Oleh sebab itu, Tinder juga bisa menjadi cara untuk mengasah kemampuan berbahasa asing Anda. Mungkin, Anda perlu akses ke Tinder Gold untuk bisa mencari teman dari luar negeri, berkomunikasi dengan mereka hingga belajar bersama.

OkCupid

OkCupid adalah aplikasi yang memiliki banyak kemiripan dengan Tinder. OkCupid menawarkan berbagai fitur bagi penggunanya untuk bertemu dengan teman baru atau bahkan bisa menemukan jodoh. Ada banyak pengguna dari berbagai negara yang bisa menjadi teman belajar kamu.

Menariknya, OkCupid akan memberikan beberapa pertanyaan untuk penggunanya pada saat mendaftar. Jawaban dari pertanyaan tersebut akan menjadi referensi bagi pihak OkCupid untuk menawarkan teman sesuai preferensi pengguna. Sehingga antar teman atau pengguna akan mendapati banyak kemiripan.

Moco

Aplikasi chat luar negeri selanjutnya adalah Moco. Tercatat Moco telah didownload sebanyak 10 juta kali. Aplikasi chatting ini dapat membantu Anda menemukan teman dari luar negeri. Berbagai fitur yang tersedia di dalamnya bahkan dapat menambah keakraban antar pengguna.

Misalnya, selain adanya fitur chatting, ada juga fitur game. Antar pengguna bisa bermain game yang diinginkan. Tentu, bermain game dengan teman baru akan lebih seru. Ini juga sekaligus bisa menjadi cara Anda belajar bahasa asing. Ada juga fitur Room Chat, atau semacam grup.

Speaky

Di Speaky, Anda bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah melalui berbagai fiturnya seperti chat. Selain itu, ada banyak bahasa lain yang bisa Anda pelajari juga secara langsung dari native speaker (penutur asli).

Jika dibandingkan dengan yang lain, Speaky menawarkan fitur canggih yakni fitur pengoreksi kata. Fitur ini akan secara otomatis membetulkan kata yang salah (typo) pada saat chatting dengan pengguna lain. Sehingga, Anda bisa meninjau atau mengetahui kesalahan kata sebelum mengirimnya.

Bottled

Mungkin Anda pernah dengar sebuah kisah tentang surat yang dikirim melalui sebuah botol dan dilempar ke laut? Aplikasi chat luar negeri Bottled terinspirasi dari kisah tersebut. Oleh sebab itu, untuk memulai percakapan pun pihak developer membuatnya sangat unik.

Pengguna perlu mengirim sebuah surat di dalam botol kaca untuk kemudian dilempar ke laut. Setelah itu, pengguna lain akan melihat botol tersebut. Mereka bisa memutuskan untuk membuka dan memulai chat atau mengabaikannya.

HOLLA

HOLLA memiliki berbagai kemiripan dengan Tinder. Berbagai fiturnya sangat mendukung pengguna untuk menemukan teman baru bahkan jodoh. Pengguna bisa memanfaatkan fitur seperti chatting hingga video call dengan pengguna lain.

Aplikasi ini juga bisa menjadi alternatif untuk belajar bahasa asing. Ini karena ada banyak native speaker dari luar negeri di dalam HOLLA.

MeetMe

Nama aplikasi ini memang unik. MeetMe seolah mengajak penggunanya untuk saling kenal dan bertemu. Aplikasi ini menawarkan fitur jarak untuk mencari teman. Jadi, Anda bisa dengan mudah menemukan teman dari lokasi terdekat hingga terjauh, dari dalam negeri hingga luar negeri.

Anygram

Anygram memiliki banyak fitur andalan untuk mencari dan menemukan teman baru dari luar negeri. Salah satu fitur yang cukup berbeda dengan yang lain adalah pengguna bisa membagikan berbagai momen atau aktivitas ke dalam timeline.

Pengguna lain yang sudah masuk ke dalam pertamanan nantinya bisa melihat timeline tersebut. Fitur koreksi juga dapat membantu setiap pengguna untuk membenarkan kata atau teks sebelum mengirimnya.

Hello Pal

Tujuan dari dibuatnya Hello Pal adalah untuk belajar bahasa asing bagi para penggunanya. Jadi, fitur di dalamnya bukan hanya sekedar mencari atau bertemu dengan teman baru dari luar negeri, tetapi juga belajar masing-masing bahasa pengguna.

Ada fitur video call yang dapat membuat pengguna bisa mengobrol secara langsung dengan yang lainnya. Sehingga Hello Pal dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa asing sekaligus mencari teman dari luar.

Slowly

Slowly bisa dikatakan sebagai pendatang baru. Walau demikian, aplikasi chat luar negeri yang satu ini menawarkan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah fitur pertamanan berdasarkan interest dari masing-masing pengguna.

Fitur lainnya adalah sistem pengiriman surat ke teman baru yang berdasarkan jarak. Semakin jauh jaraknya, maka semakin lama surat akan sampai pada penerima.

Chatous

Chatous adalah aplikasi yang menawarkan privasi lebih tinggi dari yang lain. Oleh sebab itu, profil pengguna di dalam aplikasi ini banyak yang anonim. Walau demikian, aplikasi ini tetap seru karena menawarkan pertamanan berdasarkan minat atau hobi.

Masing-masing aplikasi chat luar negeri di atas tentu menawarkan keunggulan dan memiliki kekurangan. Ini tergantung bagaimana Anda sebagai user atau pengguna. Hanya saja, selagi mereka bisa menawarkan native speaker, maka aplikasi tersebut bisa menjadi cara untuk belajar bahasa asing.