11 Aplikasi Desain Rumah Terbaru dan Gratis!

Setiap orang tentu memiliki rumah impian. Untuk itu, mereka rela mengeluarkan ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk membangun rumah sesuai keinginan. Rumah impian tentu membutuhkan desain. Hadirnya aplikasi desain rumah ternyata dapat membantu banyak orang membangun rumah impian.

Memang, tidak semua orang mampu membayar arsitek. Oleh sebab itu, aplikasi ini hadir untuk membantu Anda yang ingin mendesain rumah secara mudah dan gratis. Ya, walaupun Anda bukan seorang arsitek, aplikasi ini akan menjadikan diri Anda seperti seorang arsitek profesional.

Bahkan, jika pun mampu membayar seorang arsitek, aplikasi ini bisa menjadi cara untuk membuat desain impian sebelum nantinya disempurnakan oleh arsitek. Paling tidak, beberapa aplikasi ini akan memberikan inspirasi mendesain rumah impian.

11 Aplikasi Desain Rumah

Cobalah untuk unduh dan install aplikasi di bawah ini dan mulailah berkreasi dengan berbagai fitur di dalamnya. Tenang, aplikasi di bawah ini mudah untuk dipahami dan digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Home Design 3D

Home Design 3D bisa menjadi pilihan pertama untuk mendesain rumah via smartphone. Aplikasi ini menampilkan gambar atau desain secara 3D sehingga terlihat sangat detail. Di sini, terdapat berbagai fitur seperti denah ruangan, pola lantai, aksesoris interior dan berbagai warna dan motif dinding.

Aplikasi ini menawarkan opsi 2 dimensi dan 3 dimensi. Adapun untuk bisa mengakses semua fitur, maka Anda membutuhkan akun premium.

Design Home

Berikutnya, aplikasi desain rumah yang bisa Anda coba adalah Design Home. Aplikasi ini menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk mendesain atau mendekor ruangan. Bahkan Anda bisa menambahkan furniture sesuai selera. Menariknya, furniture ini hadir dengan katalog dari berbagai brand.

Design Home mampu membuat desain rumah dengan berbagai gaya modern minimalis. Cobalah untuk mengeksplor semua fitur yang tersedia untuk menciptakan rumah dengan desain impian.

Houzz Interior Design Ideas

Berbeda dengan yang lain, ini bukanlah aplikasi untuk merancang atau mendesain rumah maupun ruangan. Bukan pula sketsa yang menuntut pengguna untuk menggambar. Houzz Interior Design Ideas adalah semacam katalog desain rumah dan ruangan.

Di dalam aplikasi ini ada berbagai ide desain yang dapat menjadi inspirasi. Bahkan, Anda bisa melihat katalog atau ide desain berdasarkan gaya, warna hingga musim. Misalnya adalah ide dekorasi ruangan musim semi, nanti akan muncul berbagai gambar ide desain ruangan musim semi.

Floor Plan Creator

Floor Plan Creator menawarkan tampilan desain yang sangat nyata dan realistis. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang menginginkan hasil desain seperti rumah nyata. Ukuran ruangan termasuk lantai juga bisa disesuaikan dengan lahan yang Anda miliki. Sehingga hasilnya benar-benar sesuai keinginan.

Ada beragam fitur yang memudahkan untuk mendesain atau mendekor ruangan. Ada juga fitur bernama 3D Tour Mode yang akan membuat tampilan semacam video tur rumah atau ruangan.

Planner 5D – Interior Design

Aplikasi desain rumah selanjutnya adalah Planner 5D – Interior Design. App ini menawarkan desain rumah dengan tampilan 3D dan 2D. Fitur aplikasi ini menawarkan gambar yang sangat detail seperti nyata.

Adapun untuk fitur unggulan dari Planner 5D – Interior Design ini adalah Editor. Dengan demikian, Anda bisa mengedit desain sesuka hati. Fitur katalog juga akan memberikan berbagai inspirasi untuk mendesain rumah dan ruangan sesuai impian.

Homestyler – Home Interior Design & Decor

Jika Anda mencari aplikasi untuk mendesain rumah dengan lebih nyata maka Homestyler – Interior Design & Decorating Ideas bisa menjadi pilihan terbaik. Pengguna hanya perlu memfoto ruangan atau area yang ingin didesain. Kemudian berbagai fitur lainnya akan membantu Anda membuat desain kece.

Dari foto tersebut, Anda bisa menyesuaikan angle hingga meng-custom furniture dan berbagai perabotan lainnya termasuk cat dinding, lemari, kasur dan banyak lagi. Semua ini ditampilkan dengan gaya 3D sehingga terlihat begitu nyata.

Magicplan

Magicplan adalah aplikasi gratis yang memiliki banyak fitur untuk memudahkan semua proses desain rumah. Bahkan, yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya estimasi biaya yang dihabiskan untuk mendesain atau merenovasi rumah maupun ruangan.

Aplikasi ini sangat cocok bagi pemula maupun arsitek profesional. Banyak pilihan fitur profesional untuk hasil desain yang lebih realistis. Hasil akhirnya nanti bisa dalam bentuk XLS, PDF maupun SVG. Hasil desain juga bisa dilihat dalam bentuk 3D.

Room Creator Interior Design

Aplikasi desain rumah kedelapan ini memberikan kemudahan bagi pengguna. Anda hanya perlu drag & drop untuk proses desain atau dekor ruangan maupun rumah. Tentu saja, hasilnya juga akan terlihat dalam bentuk 3D. Ada banyak pilihan ide, desain dan inspirasi yang akan memudahkan Anda.

Bahkan untuk pemula sekalipun, Room Creator Interior Design ini sangat mudah digunakan. Cobalah untuk memanfaatkan semua fitur yang tersedia untuk mendesain rumah masa depan Anda dan keluarga.

Room Planner: Home Interior & Floorplan Design 3D

Room Planner: Home Interior & Floorplan Design 3D memiliki ukuran cukup besar, yakni mencapai 400 MB. Tapi, tentu saja fitur dan pilihan di dalam aplikasi ini lebih komplit dibanding lainnya. Salah satunya adalah fitur furniture. Berbagai model furniture dari IKEA juga hadir dengan desain asli.

Sehingga tampilan akhirnya akan terlihat sangat nyata. Belum lagi warna cat atau ruangan juga bisa disesuaikan dengan warna furniture. Ada banyak pilihan tersedia untuk membuat desain rumah sesuai keinginan.

Tentu saja, aplikasi ini juga menawarkan desain untuk lantai rumah. Lantai adalah bagian sangat penting. Sehingga pilihan baik dari materialnya seperti granite atau keramik hingga aksesoris seperti karpet atau rug juga perlu dipikirkan dengan matang.

Home Design 3D Outdoor/Garden

Selain aplikasi untuk desain rumah indoor di atas, aplikasi berikutnya khusus untuk mendesain bagian outdoor atau exterior rumah termasuk kebun. Ada 100 item lebih yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain exterior rumah.

Dengan tampilan 3D, design exterior dan outdoor seperti gazebo, taman, kolam renang dan lainnya akan terlihat lebih realistis. Aplikasi ini juga cocok untuk membuat berbagai desain taman baik taman di depan maupun belakang rumah.

Kitchen Planner 3D

Bukan hanya ruang tamu atau kamar tidur yang perlu mendapatkan sentuhan profesional, tetapi juga dapur. Dengan menggunakan aplikasi Kitchen Planner 3D ini, Anda bisa membuat dapur dengan desain sesuai impian. Mulai dari lantai, langit-langit hingga furniture yang ada di dapur.

Jangan lupa untuk membuat kitchen set dengan desain pilihan. Ukuran dan bentuk ruangan dapur akan menentukan bagaimana kitchen set dibuat. Apakah berbentuk L, I atau bahkan dengan konsep seperti huruf U. Ada banyak pilihan desain dan ide untuk mempercantik tampilan dapur dengan aplikasi ini.

Aplikasi desain rumah menawarkan berbagai ide, desain dan inspirasi yang dapat mempercantik tampilan rumah baik dari sisi interior maupun eksterior. Cobalah untuk mencari berbagai ide lain dan dikombinasikan dengan aplikasi di atas untuk mewujudkan desain rumah impian.