10 Aplikasi Edit Video Gratis Terbaik untuk IOS dan Android

Edit Video – Orang bilang sekarang adalah eranya content creator di mana setiap orang bisa membuat konten dan mem-publish-nya ke berbagai platform media sosial. Hadirnya aplikasi edit video juga turut mempermudah setiap orang untuk membuat konten video yang ciamik.

Memang, konten itu bisa berupa tulisan, gambar atau foto. Tapi, saat ini bisa dikatakan konten berupa video sangat mendominasi. Ini karena video sangat mudah dicerna, apalagi dengan adanya audio visual yang akan memperkuat dan mempermudah pesan di dalam video.

Inilah kenapa konten video memiliki engagement yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang lain. Ini juga yang menjadi alasan berbagai developer untuk berlomba membuat aplikasi video editing yang mudah, ringan dan berbagai fitur canggih. Sehingga pemula sekalipun akan mampu membuat video ala profesional.

10 Aplikasi Edit Video Terbaik

Cobalah beberapa aplikasi video editing terbaik ini dan lihatlah bagaimana video sederhana bisa menjadi konten profesional.

Quick

Aplikasi ini adalah yang terbaik khususnya untuk mengedit video secara cepat dan otomatis. Aplikasi ini dibuat oleh pengembang kamera aksi GoPro dan dirancang untuk mengedit video saat bepergian atau saat Anda tidak memiliki waktu cukup. Anda cukup rekam, edit, dan posting.

Quik sangat mudah digunakan untuk mengabadikan momen terbaik, mengedit klip secara otomatis, dan menambahkan transisi. Beberapa fitur lainnya adalah seperti bisa menambah foto, tersedia lebih dari 100 lagu atau musik gratis, otomatis dapat menyinkronkan video ke musik, teknologi AI dan banyak lagi.

Adobe Premiere Rush

Aplikasi edit video ini masuk dalam kategori yang terbaik untuk pengeditan video seluler. Adobe Premiere Rush adalah aplikasi pengeditan video dengan dua mode; mode otomatis dan manual.

Mode otomatis dapat mengubah klip dalam hitungan menit di smartphone. Anda bisa mengedit video dengan cepat dan mempostingnya ke berbagai platform.

Mode manual memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai sentuhan pribadi seperti desain overlay, efek suara, menambah musik dan banyak lagi. Ini memang akan memakan waktu lebih lama, tapi ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan.

Fitur lain seperti adanya tingkat pencahayaan yang bisa disesuaikan, auto mix volume musik ketika ada dialog, drag and drop klip video atau foto dan masih banyak lagi.

InShot

InShot adalah aplikasi video editing terbaik untuk membuat Story Instagram. Aplikasi ini memiliki segudang fitur yang sangat memudahkan proses edit video. Bahkan, InShot menyediakan fitur rotate footage di mana pengguna bisa memutar rekaman. Fitur ini tidak tersedia di aplikasi lain.

Fitur lainnya termasuk menambahkan efek, mengatur kecepatan video, musik, narasi suara, teks dan emoji overlay. Fitur share secara langsung juga memudahkan Anda untuk memposting video tanpa harus membuka aplikasi lain. Selain itu, fitur blur untuk background juga membuat InShot juara dibanding lainnya.

KineMaster

Jika Anda membutuhkan aplikasi untuk mengedit video dengan fitur pro, maka KineMaster adalah pilihan terbaik. KineMaster menawarkan aplikasi pengeditan video yang lebih tangguh daripada yang lain. App ini memungkinkan Anda untuk mengedit frame by frame untuk hasil lebih maksimal dan detail.

Ada fitur untuk menyesuaikan warna, kecerahan, dan kecepatan video. Anda juga dapat mengedit hingga 10 lapisan video, termasuk efek animasi dan tulisan. Meskipun app ini menawarkan daya maksimum profesional, tampilan antarmuka aplikasi ini sangat mudah digunakan.

iMovie

Aplikasi edit video ini masuk dalam kategori yang terbaik untuk pengguna video iPhone dan iPad pemula. Jika Anda adalah pengguna baru iPhone yang mulai menyukai dunia editing video, iMovie adalah pilihan terbaik. Anda bisa mengedit video secara cepat, menambah musik, merekam dan menambahkan efek.

Fitur lainnya termasuk memiliki resolusi 4K untuk kualitas bioskop, adanya efek dan filter video, template bergaya TV dan film termasuk menambahkan silih suara dan teks.

WeVideo

Untuk Anda yang ingin membuat video kolaboratif, WeVideo adalah pilihan terbaik. WeVideo menawarkan fitur pengeditan yang lebih banyak. Semua alat pengeditan dasar seperti memotong klip, filter, efek, musik, teks, transisi dan lain sebagainya telah tersedia secara gratis.

Walaupun mengunakan akun gratis, WeVideo memiliki fitur lebih dari cukup untuk membuat video kelas profesional. Berbagai fitur profesionalnya akan memudahkan Anda untuk mengedit video secara cepat dengan hasil maksimal. Adapun paket premium menawarkan fitur unggulan seperti resolusi 4K.

PicPlayPost

PicPlayPost bisa dikatakan sebagai aplikasi video editing terbaik untuk berbagi foto dalam format video. Untuk Anda yang ingin membuat video profesional dari gambar di gallery smartphone, PicPlayPost dapat memainkan peran terbaiknya.

Foto atau gambar yang bisa dibuat video maksimal hingga 365 foto atau gambar, kolase otomatis, GIF, musik dan teks. Ukuran frame juga bisa disesuaikan termasuk frame untuk Story Instagram. Kecepatan video dapat disesuaikan termasuk kualitas export atau hasil edit video juga bisa dipilih sesuai keinginan.

Vimeo Create

Vimeo Create adalah aplikasi terbaik untuk edit video yang terlihat profesional dengan proses yang cepat. App ini dapat melakukan edit video secara online dan gratis. Teknologi AI di dalam app ini dapat secara otomatis mengubah teks dan gambar menjadi video dengan tampilan profesional.

Berbagai fitur unggulannya seperti ada lebih dari 1.000 template yang bisa Anda pilih, menampilkan logo atau merek, edit secara otomatis dengan hasil profesional. Anda juga bisa berbagi video ke berbagai platform secara mudah. Inilah alasan Vimeo Create digunakan oleh lebih dari 200 juta pengguna.

FilmoraGo

Aplikasi edit video berikutnya adalah FilmoraGo. Ini adalah app terbaik untuk menambahkan teks, tema, dan overlay pada video secara cepat. FilmoraGo menawarkan fitur yang lebih lengkap untuk mengedit video dengan berbagai ukuran frame termasuk untuk Story Instagram.

Anda bisa menambahkan musik, klip, tema overlay, teks, dan lainnya. Semua kebutuhan dasar untuk edit video telah tersedia di FilmoraGo. Adapun fitur lainnya seperti pengaturan kecepatan, trek audio, potong video sesuai rasio hingga fitur berbagi yang akan memudahkan Anda untuk membagikan hasil edit video.

Movavi Clips

Movavi Clips bisa masuk kategori app video editing terbaik untuk pemula. App ini menawarkan fitur edit video dengan resolusi tinggi dengan biaya gratis. Walau menggunakan versi gratis, Anda akan mendapatkan berbagai tools dasar untuk mengedit video secara profesional.

Movavi Clips juga menggunakan bahasa yang sederhana sehingga pemula sekalipun bisa melakukan edit video dengan hasil seperti profesional. Fitur lainnya seperti pengaturan kecepatan video, dapat memilih berbagai ukuran atau rasio, stiker, teks dan lainnya.

Biasanya, dalam menggunakan aplikasi edit video itu tergantung dari fitur, kemudahan fitur tatap muka (user interface) dan tentu saja rasa kenyamanan setiap orang. Sehingga satu aplikasi terbaik untuk Anda, belum tentu terbaik juga untuk orang lain. Setiap orang memiliki preference masing-masing.