Harga dan Spesifikasi Realme C31: Smartphone Murah dengan Fitur Melimpah

Realme C31 – Segmen smartphone telah memperlihatkan perkembangan luar biasa akhir-akhir ini. Realme C31 adalah salah satu bukti perkembangan tersebut. Realme terlihat serius dengan meluncurkan lebih banyak perangkat dengan kemampuan 5G, baterai lebih besar, layar AMOLED, dan banyak lagi.

Realme C series ini memiliki fitur desain yang menarik dan ramping, baterai 5.000mAh, dan pengaturan tiga kamera di bagian belakang. Seri ini memang hampir sama dengan Realme C35, tetapi harganya lebih rendah untuk menarik pembeli dengan budget lebih rendah.

Dari sisi target pasar atau penggunanya, memang menyasar generasi millennial dan Gen Z. Sehingga fitur dan kemampuannya pun mendukung untuk aktivitas mereka. Apalagi, harganya juga rata-rata di bawah Rp 3 juta, sehingga sangat ramah di kantong.

Desain Realme C31

Realme seri C ini terasa nyaman di tangan. Warna Light Silver memberikan tampilan yang sangat ekslusif. Panel belakang C31 menampilkan pengaturan tiga kamera yang sedikit menonjol keluar, membuat ponsel bergetar saat diletakkan di atas meja.

Bagian belakang polikarbonat terlihat cukup minimalis, dengan tekstur yang menarik untuk seluruh panel, kecuali modul kamera. Bagian belakang bertekstur sehingga tidak akan meninggalkan sidik jari dan tidak gampang tergores.

Tombol power pada C31 ada di sisi kanan, dan juga disematkan sensor sidik jari di dalamnya. Anda tidak akan mengalami masalah dengan kenyamanan untuk menggunakan fitur sensor sidik jari karena tombol power ditempatkan dengan baik.

Sisi kiri terdapat slot untuk kartu SIM. Tombol volume juga ada di sisi kiri. Panel belakang menampung kisi-kisi speaker. Penempatan speaker di belakang ini dapat menjadi masalah karena menghalangi keluaran suara (redam) setiap kali perangkat diletakkan di permukaan yang datar seperti meja.

Bagian bawah Realme C31 menampung jack headphone 3.5mm, mikrofon utama, dan port micro-USB. Realme seharusnya menyediakan port USB-Type C sebagai gantinya. Mungkin Realme memiliki pertimbangan tersendiri untuk masalah ini.

C31 memiliki layar HD+ LCD 6,5 inci dengan lekukan bergaya tetesan air (waterdrop) di bagian atas yang menampung kamera depan. Layar memiliki bezel yang relatif tipis, tetapi bagian bawah agak tebal. Layar C31 juga memiliki kecepatan refresh 60Hz standar.

C31 memiliki bobot 197g yang sedikit lebih berat. Akan tetapi, secara keseluruhan desain, ukuran dan beratnya bisa dikatakan pas untuk digenggam dengan satu tangan.

Spesifikasi Dan Perangkat Lunak C31

C31 ditenagai oleh Unisoc T612 SoC, yang didasarkan pada proses fabrikasi 12nm. Ini adalah prosesor octa-core dengan kecepatan clock hingga 1.82GHz. Untuk penyimpanan internal standar UFS 2.2, di mana masih jarang digunakan di segmen harga C31. Beruntungnya, Realme menggunakannya di seri C31 ini.

C31 dapat mendukung dua kartu nano-SIM dan kartu microSD untuk penyimpanan ekstra, secara bersamaan. Penyimpanan dapat diperluas hingga 1TB. Untuk konektivitas, C31 mendukung 4G/LTE, Bluetooth 5.0, dan Wi-Fi 2.4GHz.

C31 bekerja dengan Realme UI R, yang merupakan versi yang lebih dasar dari UI Realme biasa. Versi ringan ini ditujukan untuk mengoptimalkan kinerja pada perangkat kelas bawah. Ironisnya, Realme masih mengirimkan perangkat dengan beberapa aplikasi bloatware seperti Facebook atau aplikasi lain.

C31 juga dilengkapi dengan ‘Smart Controls’ yang menggabungkan beberapa fitur apik seperti Smart wake, Smart motion, Pocket mode, dan banyak lagi. Perangkat tidak dilengkapi dengan aplikasi galeri khusus, jadi Anda harus menggunakan aplikasi Google Foto yang sudah diinstal sebelumya.

Performa Dan Masa Pakai Baterai C31

Anda tidak akan mengalami masalah ketika memakai C31 untuk penggunaan sehari-hari. Realme C31 menawarkan dua opsi otentikasi biometrik, buka kunci sidik jari dan pengenalan wajah. Yang pertama cukup cepat, sedangkan yang terakhir sedikit lebih lambat, tapi masih dalam kategori wajar.

Untuk performa, C31 berhasil mencetak skor 197.830 di AnTuTu dan menghasilkan skor masing-masing 339 dan 1279 di tes single-core dan multi-core Geekbench. C31 juga mencetak skor 7.348 dalam tes PCMark Work 3.0. Ini masih bisa dimaklumi mengingat segmen pasar ponsel ini, apalagi harganya.

Sebagian besar game berjalan dengan baik di C31. Bahkan untuk game berat sekalipun seperti PUBG, Call of Duty: Mobile, hingga PES 2021, Asphalt 9 Legends, dan banyak lagi. Tentu saja, ini tidak disarankan untuk memainkan game tersebut dengan jangka waktu yang lama.

Warna pada tampilan C31 terlihat bagus secara keseluruhan. Video yang dilihat di layar ini memiliki kontras yang baik. Kualitas speakernya lumayan dan cukup keras jika Anda memegang perangkat di tangan. Untuk lubang suara, berfungsi dengan baik.

Realme C31 memungkinkan Anda untuk mengaktifkan peningkatan tampilan video. Ini adalah fitur yang dapat membuat warna lebih cerah dan lebih hidup saat menonton video. Ini memberikan pengalaman menonton film atau bermain game lebih imersif.

C31 memiliki baterai 5.000mAh yang bertahan selama 13 jam dan 53 menit dalam pengujian loop video HD. Rata-rata, ponsel ini mampu bertahan selama satu hari penuh, termasuk sedikit konsumsi game dan media selain penggunaan reguler, dengan sekali pengisian daya.

Dengan penggunaan yang lebih ringan, Anda dapat menggunakannya lebih dari satu hari penuh. Pengisi daya 10W yang disediakan mampu mengisi daya C31 hingga 23 persen dalam 30 menit, dan membutuhkan waktu 2 jam, 30 menit untuk mengisi daya baterai hingga penuh.

Kamera C31

C31 memiliki pengaturan tiga kamera di bagian belakang, yang terdiri dari kamera utama 13 megapiksel dengan aperture f/2.2, kamera makro 2 megapiksel dengan aperture f/2.4, dan kamera hitam putih dengan bukaan f/2.8. Di bagian depan, ada kamera 5 megapiksel tunggal dengan aperture f/2.2.

Aplikasi kamera mudah digunakan. Foto yang diambil di siang hari cukup baik, tetapi tidak memiliki detail bagus saat diperbesar. Kamera utama 13 megapiksel berhasil mempertahankan warna yang cukup realistis.

Anda dapat beralih ke mode ‘HDR Otomatis’ untuk mempertajam gambar dan juga membuat beberapa warna lebih detail. C31 memiliki zoom digital hingga 4X, dan seperti yang mungkin sudah Anda duga, gambar yang diambil dengan perbesaran maksimum memiliki banyak butiran (noise) dan tidak terlalu bagus.

Gambar makro di bawah rata-rata. Mengambil foto makro dengan hasil apik membutuhkan beberapa upaya karena tidak mudah untuk mendapatkan fokus yang tepat. Gambar juga tidak memiliki detail yang baik.

Mode potret hanya berfungsi dengan kamera belakang dan untuk beberapa alasan, hanya berfungsi pada orang dan bukan pada objek. UI kamera memungkinkan Anda mengatur tingkat keburaman sebelum memulai mengambil foto.

C31 dapat merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps. Video yang diambil di siang hari biasa saja dengan detail rata-rata, dan rekaman tampak goyah karena kurangnya stabilisasi. Video rekaman dalam cahaya rendah memiliki banyak noise yang terlihat.

Jika dilihat dari sisi fitur yang melimpah dan harga yang relatif murah, Realme C31 ini bisa dikatakan worth it. Apalagi, kemampuannya juga bisa digunakan untuk multitasking. Jadi, Anda bisa memainkan lagu sambil berselancar atau membaca.